https://jombang.times.co.id/
Berita

Desa Tulungrejo Kota Batu Raih Juara Desa Terbaik I Nasional 2024

Rabu, 16 Oktober 2024 - 09:20
Desa Tulungrejo Kota Batu Raih Juara Desa Terbaik I Nasional 2024 Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Drs. Benny Sampirwanto, M.Si.) mewakili Gubernur Jawa Timur saat menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian di Gedung Ksirarnawa Art Center Bali (8/10/

TIMES JOMBANG, SURABAYA – Desa Tulungrejo di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu  berhasil meraih Desa Terbaik I Nasional Regional II dalam Lomba Desa Berprestasi Nasional yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri RI pada acara Temu Karya Nasional serta Penganugerahan Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2024 di Gedung Ksirarnawa Art Center Bali, Selasa (8/10/2024).

Desa Tulungrejo mewakili Jawa Timur menjadi yang terbaik sebagai Juara I setalah mengalahkan Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Provinsi Bali dan Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Atas capaian prestasi tersebut, Gubernur Jawa Timur mendapatkan penghargaan Upakarya Wanua Nugraha yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat , Drs. Benny Sampirwanto.  Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian sebagai apresiasi atas komitmen Kepala Daerah Jawa Timur dalam memajukan Desa dan Kelurahan di wilayahnya

Menteri Dalam Negeri dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momen untuk berkontemplasi tentang hasil kerja khsusnya di tingkat desa dan kelurahan serta pemberian penghargaan (award) dalam rangka memberikan motivasi sesuai dengan prinsip manajemen yang baik. 

Mendagri Tito juga menjelaskan pentingnya pembangunan dari desa, karena desa menjadi sentra ekonomi yang hidup. Dengan menjadi sentra ekonomi, maka akan mencegah urbanisasi. Selain itu, pembangunan desa akan lebih meningkatkan pemerataan pembangunan. Dan kepala desa harus memiliki jiwa  entrepreneurship atau kewirausahaan untuk memperkuat ekonominya.

penghargaan-5.jpgpenilaian-lapang-Lomba.jpgKegiatan tinjauan dan penilaian lapang  Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi di Balai Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur bersama tim juri pada bulan Mei 2024

Kepala Desa Tulungrejo, Suliono merasa senang dengan terpilihnya Desa Tulungrejo sebagai duta Provinsi Jawa Timur di tingkat nasional. Sebagai perwakilan Provinsi Jatim, Desa Tulungrejo telah melalui proses seleksi sebelumnya baik tingkat Kota Batu, Provinsi Jawa Timur dan juga Nasional di bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Berbagai inovasi berhasil dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat.

Dirinya menjelaskan bahwa penghargaan ini  tidak bisa diraih jika tidak mendapatkan pembinaan dari Pemerintah Kota Batu dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jatim.

"Terima kasih untuk jajaran Pemkot Batu dan Pemprov Jatim yang terus mendampingi. Kami menjadi banyak mengerti tentang berbagai hal, terutama tata pemerintahan yang baik dan pelayanan untuk masyarakat yang baik," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai. Dirinya mengaku bangga dengan prestasi Desa Tulungrejo. "Alhamdulillah setelah melalui proses yang sangat panjang, akhirnya desa kami bisa menjadi juara, semoga ini memotivasi desa dan kelurahan lain, Ini adalah hasil kerja sama semua pihak," kata Aries dalam keterangan resminya.

Dukungan dari Pemerintah kota Batu dalam mendorong potensi desa Tulungrejo nampak dengan diselenggarakannya beberapa event besar, salah satunya adalah kegiatan berskala internasional bertajuk Penutupan Forum Senior Official Meeting on Rural Development and Poverty Eradication (SOMRDPE) dan 2nd  Asian Village Network (AVN) pada bulan Agustus 2024.

Kegiatan yang digelar di dusun kuliner Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu tersebut dihadiri perwakilan dari seluruh negara anggota ASEAN, yang bersama-sama berkomitmen untuk mewujudkan pembangunan desa yang berkelanjutan dan inklusif di kawasan Asia Tenggara.

Keberhasilan desa Tulungrejo sebagai Juara Terbaik 1 Nasional Regional II dalam Lomba Desa Berprestasi Tingkat Nasional  tidak terlepas dari prestasi yang dicapai sebagai Juara 1 pada Lomba Desa dan Kelurahan di tingkat Provinsi tahun 2024.  Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, Budi Sarwoto saat diwawancarai di ruang kerja.

penghargaan-6.jpgpiagam.jpgPiagam penghargaan Desa Tulungrejo sebagai juara Desa Terbaik I Nasional Regional II dalam Lomba Desa Berprestasi Nasional Kementerian Dalam Negeri RI

“ Banyak  terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh desa Tulungrejo sehingga berhasil meraih juara satu ,” tuturnya.

Menurutnya, selain memenuhi beberapa kriteria dan aspek teknis pada tinjauan penilaian lapang dan penilaian paparan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur bersama Tim Juri pada bulan Mei lalu, ada 3 (tiga) faktor yang menjadi keunggulan Tulungrejo dibandingkan desa yang lain.

Pertama, pemanfaatan aset desa untuk peningkatan pendapatan asli desa, Kedua, intervensi pemerintah desa pada upaya peningkatan kesejahteraan lembaga masyarakat pada ekosistem desa  dan ketiga, pemanfaatan potensi desa berbasis pelestarian lingkungan hutan atau dikenal sebagai kawasan Agroforestry. 

“ Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses kepada Desa Tulungrejo, semoga prestasi ini dapat terus dipertahankan” tutupnya.

Lomba desa dan kelurahan tingkat nasional 2024 merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

Penilaian digelar berjenjang melewat beberapa tahap mulai dari analisis hingga validasi penentuan lokasi.
Penilaian yang dilakukan meliputi penilaian administrasi di Bidang Pemerintahan, Kewilyahan dan Kemasyarakatan. Setelah itu dilaksanakan Klarifikasi lapangan dan penilaian paparan. (d)

Pewarta :
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jombang just now

Welcome to TIMES Jombang

TIMES Jombang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.