https://jombang.times.co.id/
Berita

11 SDN di Jombang Menerima DAK Rp7,6 Miliar

Kamis, 25 April 2024 - 11:17
11 SDN di Jombang Menerima DAK Rp7,6 Miliar Senen, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES JOMBANG, JOMBANG – 11 Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Jombang mendapat dana rahabilitasi fisik dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024.

Senen, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang menerangkan bahwa anggaran untuk DAK tahun 2024 untuk rehabilitasi fisik total anggaran yang turun dari pusat untuk mencover total 38 paket pekerjaan sebesar Rp. 7.636.125.974,.

"Tahun ini ada 11 SD yang menerima bantuan rehabilitasi fisik bersumber dari DAK tahun 2024. Total anggaran yang terkucur senilai Rp. 7.636.125.974,” kata Senen, Kamis (25/4/2024).

Berbeda dengan rehabilitasi 19 SDN yang dibiayai oleh APBD yang kesemuanya menggunakan metode penunjukan langsung (PL). Untuk pekerjaan rehabilitasi fisik dari DAK menggunakan metode lelang. 

"Yang membedakan dengan pekerjaan fisik dari APBD, semua pekerjaan dari DAK menggunakan metode lelang. Saat ini semua berkas sudah dalam tahap pengajuan pengadaan barang dan jasa (PBJ)," lanjutnya. 

Senen berharap setelah dokumen telah diterima oleh LPSE Pemkab Jombang. Secepatnya sudah bisa dilakukan proses lelang pekerjaan. Kendati, usai  dokumen masuk ke PBJ, biasanya ada beberapa tahapan lagi. Seperti proses pendampingan yang biasanya membutuhkan waktu cukup lama karena harus mengantre.

"Kami berharap usai dokumen yang disodorkan ke LPSE, secepatnya bisa dilakukan lelang. Kendati memang masih ada tahapan lanjutan, salah satunya pendampingan dari aparat penegak hukum (APH)," terangnya. 

Mantan Kepala BKD PP Kabupaten Jombang itu menambahkan, 11 SDN yang menerima rehab fisik melalui DAK diantaranya yakni SDN Plosogeneng 3 Kecamatan Jombang. Lalu SDN Jarak 2 Kecamatan Wonosalam, serta SDN Mojoduwur Kecamatan Mojowarno. 

"Kemudian SDN Krembangan 2 Kecamatan Gudo, dan SDN Balonggemek 2 Kecamatan Megaluh," bebernya.

SDN Pulogedang 1 Kecamatan Tembelang, SDN Denanyar 3 Kecamatan Jombang, SDN Madiopuro Kecamatan Sumobito, dan SDN Wonosalam 4 Kecamatan Wonosalam. 

"Termasuk menjadi sekolah penerima bantuan yakni SDN Kepuhkembeng 3 Kecamatan Peterongan. Serta terakhir SDN Gadingmangu 1 di Kecamatan Perak," rincinya.

Sementara jumlah keseluruhan pekerjaan di 11 SDN penerima tadi berjumlah 38 paket. Jadi di masing-masing satuan pendidikan, bisa terdapat 3 sampai 5 kegiatan. 

"Istilahnya konsolidasi, ada beberapa pekerjaan di satu SDN penerima bantuan rehab fisik melalui DAK. Namun rekanan pemenangnya tetap satu, dengan jumlah kegiatan mulai 1 hingga 5 pekerjaan," ujarnya.

Ragam kegiatan di masing-masing sekolah penerima bisa berbeda antara satu dengan yang lain. Mulai dari pembangunan perpustakaan sekolah, pembangunan ruang laboratorium komputer, pembangunan / rehabilitasi ruang guru, ruang UKS hingga ruang kelas, dan rehabilitasi toilet. 

"Karena tingkat kerusakan masing-masing sekolah berbeda, jenis pekerjaan bisa pembangunan maupun rehabilitasi," ucapnya. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jombang just now

Welcome to TIMES Jombang

TIMES Jombang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.