Wisata

Pantai Laicucu, Obyek Wisata Baru di Kawasan TN Matalawa Sumba Timur

Minggu, 28 Februari 2021 - 06:18
Pantai Laicucu, Obyek Wisata Baru di Kawasan TN Matalawa Sumba Timur Pantai Laicucu di Kawasan Taman Nasional (TN) Matalawa di Kabupaten Sumba Timur NTT. (FOTO: Yudi Umbu TT Rawambaku)

TIMES JOMBANG, SUMBA TIMURPantai Laicucu merupakan obyek wisata baru sebagai kawasan konservasi yang terletak di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwanggi Wanggameti (TN Matalawa) Kabupaten Sumba Timur NTT.

Menurut Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Kabupaten Sumba Timur NTT Yudi Umbu T.T Rawambaku pada Sabtu (27/2/2021) menjelaskan, Pantai Laicucu yang terletak di kawasan TN Matalawa Sumba Timur merupakan obyek wisata baru yang memiliki pesona wisata alam luar biasa indah. Kondisi iklim dan geografis pantai ini membuat hutan yang berdampingan dengan savana bahkan bahari, keanekaragaman hayati yang unik.

Pantai Laicucu 2

Selain itu kata Yudi, salah satu fungsi kawasan konsevasi adalah pemanfaatan yakni mengambil nilai manfaat yang dilakukan secara lestari sehingga dapat terjaga keseimbangan sumber daya alam hayati  dan ekosistemnya.

“Pemanfaatan inipun dilakukan pada zona yang telah khusus ditetapkan untuk hal tersebut yaitu zona pemanfaatan,” ungkapnya.

Pantai Laicucu 3

Oleh sebab itu, tambah Yudi, fungsi sebagai kawasan konservasi dan pemanfaatan di kawasan TN Matalawa menitikberatkan pada sektor pariwisata. Kawasan ini memiliki visi misi Laicucu Humba Nusantara yakni, berkontribusi dalam pelestarian alam dan konservasi, mendukung upaya pelestarian budaya dan pemberdayaan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan daya tarik TN Matalawa dan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.

Yudi mengatakan, konsep wisata Pantai Laicucu ini direncanakan dapat meningkatkan potensi pariwisata alam Sumba dan NTT. Untuk kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara serta manjadi percontohan destinasi/ obyek wisata yang berjalan selaras dnga pelestarian alam dan pemanfaatan sumber daya masyarakat sekitar. (*) 

Pewarta : Moh Habibudin
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jombang just now

Welcome to TIMES Jombang

TIMES Jombang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.