https://jombang.times.co.id/
Berita

Kronologi Terbakarnya Bus Pahala Kencana Tujuan Bali di Tol Jomo 

Rabu, 17 April 2024 - 16:52
Kronologi Terbakarnya Bus Pahala Kencana Tujuan Bali di Tol Jomo  Bus Pahala Kencana Tujuan Bali Terbakar di KM 705 A Tol Jombang-Mojokerto pada Rabu (17/4/2024). (FOTO : Tangkapan layar video/TIMES Indonesia)

TIMES JOMBANG, JOMBANGBus Pahala Kencana tujuan Bandung-Denpasar terbakar di KM 705 A Tol Jombang-Mojokerto diakibatkan karena ban belakang pecah dan bergesekan dengan beton. 

Seperti diketahui, Bus Pahala Kencana tujuan Denpasar terbakar hebat hingga menghanguskan badan bus dan menyisakan rangka pada Rabu (17/4/2024) pagi sekitar pukul 05.50 WIB. 

Beruntung, seluruh penumpang yang berjumlah 34 orang beserta dua 2 kru bus selamat atas insiden tersebut. Setelah diselediki, diketahui penyebab terbakarnya bus karena percikan api yang ditimbulkan karena vleg ban bergesekan dengan beton. 

Bus dengan nomor polisi B 7426 TK itu dikemudikan oleh warga Sumedang, Jawa Barat Ade Lili (58). Di dalam bus, ia ditemani satu rekan kerjanya sebagai kernet bernama Supiyono (40) warga Cimahi, Jawa Barat. Bus yang hendak menuju Denpasar, Bali itu mengangkut 34 penumpang. 

Kanit PJR Ditlantas Polda Jatim, Tol Jombang-Mojokerto, Yudhiono dalam keterangannya mengatakan penyebab bus terbakar diawali dengan pecah ban belakang sebelah kanan dan kemudian velg ban bergesekan dengan beton jalan. 

"Penyebab bus terbakar karena pecah ban belakang bagian kanan. Vleg ban bergesekan dengan beton yang menimbulkan percikan api kecil yang kemudian membakar bus," katanya. 

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut karena seluruh penumpang beserta kru bus segera keluar dari dalam bus sebelum api membesar. 

"Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 05.50 WIB. Tidak ada korban jiwa. Karena seluruh penumpang dan dua kru bus sudah keluar dari bus sebelum api membesar," ungkapnya. 

Meskipun begitu, kerugian materiil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. "Kendaraan sudah dievakuasi. Untuk kerugiannya mencapai Rp 300 juta," pungkasnya. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jombang just now

Welcome to TIMES Jombang

TIMES Jombang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.