https://jombang.times.co.id/
Berita

Tips Menjadi Pengusaha Sukses ala Gus Fatchur

Kamis, 15 April 2021 - 22:25
Tips Menjadi Pengusaha Sukses ala Gus Fatchur Fatchur Rohman, pegusaha asal Jombang dan Kepala Desa Sidowarek, Ngoro, Jombang. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES JOMBANG, JOMBANG – Berusaha, pantang menyerah, berdoa, dan selalu bersyukur. Empat hal tersebut yang selalu ditanamkan dihati oleh Fatchur Rohman (Gus Fatchur) pengusaha sukses asal Jombang. Gus Fatchur akan membagikan tips menjadi pengusaha sukses untuk pembaca TIMES Indonesia.

Pertama yang harus dilakukan untuk menjadi pengusaha sukses yaitu berani memulai usaha dan mau mengambil resiko.

"Sukses itu tidak bisa didapat secara tiba-tiba. Namun, juga melalui proses yang panjang. Suatu yang saya ingat dan saya tanam dalam hati 'Sopo seng nandur bakal ngunduh' artinya siapa yang berusaha mereka yang akan memetik hasilnya," katanya, kepada TIMES Indonesia, Kamis (15/4/2021).

Kedua yaitu mulai membangun networking atau menambah relasi dengan mitra kerja yang lain. Artinya jangan pernah takut usaha kita ditiru orang lain. Itu artinya usaha kita berhasil dan jangan pernah dimusuhi atau berbuat yang tidak baik dengan pengusaha yang sama. Jika bisa diajak kerjasama atau bermitra.

"Setelah sepeninggalan orang tua, saya berkerja sebagai petani dan berkebun," beber pria yang pernah menjabat sebagai ketua Pemuda Pancasila cabang Jombang dua periode ini.

Dalam dunia perkebunan, pria asal Desa Sidowarek, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang ini mulai membuka usaha kecil-kecilan seperti menanam cabai, pisang, terong, ternak ikan dan ternak ulat pakan burung.

Dari usaha-usahanya kemudian terus berkembang hingga dilirik oleh salah satu temen kerjanya. Dari situlah ia diajak kerja sama dan bermitra dengan pabrik rokok sampoerna.

"Berkah, punya teman yang banyak kemudian ditawari sama teman untuk bermitra dengan pabrik sampoerna pada tahun 1998 lalu," jelas pria yang pernah menjabat sebagai ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) cabang Jombang dua periode ini.

Tak langsung berpuas diri atas keberhasilan saat itu, kemudian Gus Fatchur mendirikan usaha yang lain seperti mendirikan pabrik sepatu, produksi plastik, pom (BBM) dan usaha lainnya.

Sampai saat ini, penghasilan pria yang juga sebagai kepala Desa Sidowarek ini tiap bulanya mencapai hingga miliyaran rupiah.

Ketiga kunci keberhasilan dan kesuksesannya yaitu selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT, selalu berdoa dan rajin untuk sedekah kepada yang membutuhkan.

"Mungkin keberhasilan saya ini, juga bagian doa dari anak yatim piatu yang saya asuh selama ini. Harta itu kan hanya titipan maka juga barus kita shadakahkan. Jangan takut kalau shadakah harta kita berkurang, insyaallah dengan semakin rutin bershadakah rejeki kita akan semakin bertambah," tuturnya.

Gus Fatchur selain menjadi pengusaha yang sukses ia juga merupakan pimpinan di Pesantren Majmaal Bahroin Shiddiqiyyah, Ngoro, Jombang yang terkenal memiliki budi pakerti baik dan dermawan. Bahkan tidak jarang gaji dari ia menjabat sebagai kepala desa seringkali disumbangkan ke warganya yang membutuhkan.

Nah, itulah tips menjadi pengusaha sukses ala Gus Fatchur yang bisa diterapkan. Silahkan mencoba semoga bermanfaat. (*) 

Pewarta : Rohmadi
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jombang just now

Welcome to TIMES Jombang

TIMES Jombang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.