Berita

Selesai Vaksinasi Covid-19, Pimpinan Ponpes Jombang Ajak Masyarakat Vaksinasi

Jumat, 26 Februari 2021 - 16:50
Selesai Vaksinasi Covid-19, Pimpinan Ponpes Jombang Ajak Masyarakat Vaksinasi Ahmad Samsul Rizal, Katib PCNU Jombang saat disuntik vaksin di pendopo Jombang (Foto : Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES JOMBANG, JOMBANG – Selesai mengikuti vaksinasi Covid-19, sejumlah ulama, kiai serta pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) di Jombang yakinkan masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman dan halal serta bagus untuk kesehatan.

Sebanyak 50 lebih tokoh agama mulai dari kiai dan ulama serta pemuka agama non muslim hari ini Jum'at (26/2/2021) telah mengikuti vaksinasi Covid-19 di Pendopo Kabupaten Jombang.

KH Salmanudin Yazid Al Hafidz, Pengasuh Pondok Pesantren Babussalam, Mojoagung mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia mendukung untuk disuntik vaksin Covid-19.

KH Ahmad Junaidi Hidayat

"Masalah rasa sudah tidak terasa karena tim medisnya sudah luar biasa dan untuk alat suntikannya terjamin canggih, maka dari itu saya harap kepada seluruh masyarakat Indonesia terutama masyarakat Jombang untuk melaksanakan vaksinasi," ujar Kiai yang akrab disapa Gus Salman ini kepada TIMES Indonesia. Jum'at (26/2/2021).

Gus Salman menjelaskan bahwa cairan vaksin yang masuk kepada tubuh kita itu sudah terjamin halal dan sangat bermanfaat terhadap kekebalan tubuh untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus Covid-19.

Kemudian KH Ahmad Junaidi Hidayat, Pengasuh Pondok Pesantren Al Aqobah Tebuireng Jombang menegaskan bahwa dirinya setelah divaksin merasa badanya lebih enak.

"Enak berjalan lancar. Tidak ada efek apa-apa, badan tetap fit. Alhamdulillah," tegasnya.

Vaksinasi di Jombang

Sementara itu, Ahmad Samsul Rizal, Katib PCNU Jombang mengatakan, ketika orang itu sehat, maka dengan memasukkan cairan vaksin dengan jarum suntik di lengan kiri dalam ukuran yang disesuaikan, maka tidak terasa apa-apa. Sebagaimana biasa orang sehat pada umumnya.

"Ya, sebagai antisipasi terhadap diri sendiri, keluarga, teman, sahabat dan yang lain. Agar kita bisa turut menjadi pelindung bagi yang lain," tuturnya.

Menurutnya, vaksin Covid 19 merupakan salah satu cara dalam syariat (tata cara) menjaga kesehatan dari paparan atau sasaran virus dari luar tubuh yang tidak diketahui, khususnya di masa pandemi Covid 19.

"Dasar hukum agama telah ditegaskan oleh MUI tentang kualitas dan kehalalan baksin Covid 19. Para Kyai sepuh misal KH Anwar Mansur (Rais PWNU Jawa Timur) dan kiai-kiai yang lain telah memberi teladan dengan divaksin. Maka, kita cukup mengikuti teladan dari beliau-beliau. Semua dari Allah SWT dan semua atas perlindunganNya melalui ikhtiar ikut vaksinasi Covid-19," jelasnya.

Ia berharap, dengan telah dilaksanakan vaksinasi Covid-19, masyarakat harus menjaga kesehatan diri dan yang lain dalam kehidupan sosial tetap dilakukan. Sehat jasmani dan rohani adalah harapan utama kita. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jombang just now

Welcome to TIMES Jombang

TIMES Jombang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.