Berita

Stok Darah Menipis saat Ramadan, Ini yang Dilakukan PMI Jombang

Kamis, 15 April 2021 - 18:11
Stok Darah Menipis saat Ramadan, Ini yang Dilakukan PMI Jombang Azmi R, salah satu pendonor darah di PMI Jombang (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES JOMBANG, JOMBANG – Memasuki bulan Ramadan, stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia Kabupaten Jombang (PMI Jombang) menipis. Golongan darah yang mengalami kekurangan diantaranya golongan darah A, B dan O.

Siswojo, Kapala Bagian Pelayanan Medis PMI Jombang mengatakan, menipisnya stok darah salah satunya dikarenakan faktor proses covid-19, sehingga jumlah pendonor darah mengalami penurunan.

"Sebab salah satu syarat donor darah sekarang harus sudah divaksin dua kali dan minimal 14 setelah vaksinasi baru boleh donor darah," katanya kepada TIMES Indonesia. Kamis (15/4/2021).

Kemudian Siswojo juga menjelaskan bahwa rata-rata masyarakat Jombang baru melaksanakan vaksinasi satu kali penyuntikan. Sehingga masih minim yang hendak donor darah. "Kebanyakan baru satu kali, untuk kedua kalinya baru habis lebaran," jelasnya.

Sementara ini persedian stok darah di UTD PMI Jombang yaitu terdapat stok darah untuk golongan darah A hanya 3 kantong, kemudian stok darah golongan B 5 kantong, dan stok darah golongan O 24 kantong, serta stok darah AB 61 kantong.

Padahal menurut Siswojo, idealnya, setidaknya setiap harusnya ada stok darah golongan darah A 75 kantong, B 75 kantong, dan O 75 kantong. Untuk stok ideal darah AB, setidaknya ada stok 30 kantong per hari.

Penurunan tersebut sangat drastis mengingat sebelum pandemi covid-19 jumlah pendonor bisa mencapai 1800 kantong perbulannya, turun menjadi rata-rata 1200 kantong per bulannya.

"Diperkirakan, penurunan jumlah pendonor darah di UTD PMI Jombang ini hingga 50 persen selama Bulan Suci Ramadan 1442 H/2021 ini," ujarnya.

Cara UTD Meningkatkan Pendonor Dibulan Ramadan

Untuk meningkatkan jumlah pendonor pada bulan suci Ramadan 1442 H, pihaknya telah melakukan berbagai cara salah satunya dengan memberikan paket Sembako untuk para pendonor.

"Mengaca pada bulan Ramadan sebelumnya dengan cara itu, efektif untuk meningkatkan jumlah pendonor dibulan Ramadan," bebernya.

Selain itu, upaya lainnya untuk mendongkrak jumlah pendonor, PMI Jombang juga melakukan donor darah sistem jemput bola dengan membuka donor darah di tempat-tempat umum.

"Seperti membuka donor darah dimasjid-masjid dan kelompok donor untuk memaksimalkan itu semua," tambahnya.

Tak hanya itu, PMI Jombang juga melakukan antar jemput pendonor dengan cara menjemput kelompok-kelompok donor untuk di bawa dan melakukan donor darah di PMI Jombang.

Seperti yang diketahui, PMI Jombang juga merupakan salah satu penyedia darah untuk mengcover di sejumlah rumah sakit di Kabupaten Jombang dan sekitarnya. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jombang just now

Welcome to TIMES Jombang

TIMES Jombang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.